# TUGAS #

1. Saat ini banyak usaha baik secara langsung maupun tidak langsung berusaha
untuk menggantikan Ideologi Pancasila dengan ideologi lain, yang menurut
kelompok-kelompok ini lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini.
Coba anda jelaskan pernyataan tersebut, setuju atau tidak setujukah anda
terhadap perubahan yang seperti yang mereka inginkan, berikanlah contoh
kasusnya !

  • Sangat tidak setuju, karena menurut saya, Ideologi Pancasila tidak perlu dirubah. Ini sudah terbukti dari berbagai rintangan yang dihadapinya, dan terbukti sampai saat ini Ideologi Pancasila masih bisa betahan di Indonesia. Mungkin itu karena Ideologi Pancasila sendiri dibangun sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia bagaimana adanya. Jadi kekokohannya masih dapat terlihat sampai sekarang

  • Contoh Kasus 1: Ancaman terhadap Pancasila pada masa lalu dilakukan oleh sekelompok golongan yang ingin menggantikan Pancasila dengan paham Ideologi lain, seperti Komunis yang berpaham Atheis dengan peristiwa pemberontakan Madiun tahun 1948 dan peristiwa Penghianatan G-30 S/PKI tahun 1965. Usaha PKI yang hendak menggantikan ideology Pancasila dengan ideology Komunis pasca pemilu tahun 1955 juga mengalam kegagalan. Namun peristiwa itu hampir membawa Negara Indonesia dalam keadaan yang sangat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Contoh Kasus 2 : Seperti yang marak terjadi baru-baru ini adalah kasus FPI yang secara berani mengatasnamakan kepentingan agama ataupun kelompok untuk menghancurkan kelompok lain. Ini merupakan pelanggaran dari Ideologi Pancasila yang kita kenal selama ini yang selalu mengajarkan kita bahwa Persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia harus dijaga baik-baik bukannya menghakimi kelompok lain dengan caranya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment